Beranda » Buku » Penerbit Griya Ilmu » PANDUAN PRAKTIS HAJI & UMRAH “Meneladani Haji & Umrah Rasulullah”

PANDUAN PRAKTIS HAJI & UMRAH “Meneladani Haji & Umrah Rasulullah”

DISKON 20% Kode: SR1156 Stok: Tersedia
Berat 261 gram
Kondisi Baru
Kategori Penerbit Griya Ilmu
Dilihat 15 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan

PANDUAN PRAKTIS HAJI & UMRAH “Meneladani Haji & Umrah Rasulullah”

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja Anda
Lanjut Belanja
Checkout
Rp 56.000 Rp 70.000
Hemat Rp 14.000
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Fast Order
PANDUAN PRAKTIS HAJI & UMRAH “Meneladani Haji & Umrah Rasulullah”
Rp 56.000 Rp 70.000
Tersedia / SR1156

Detail Produk PANDUAN PRAKTIS HAJI & UMRAH “Meneladani Haji & Umrah Rasulullah”

Buku “Panduan Praktis Haji Dan Umrah, Meneladani Haji dan Umrah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam” ini disusun sebagai upaya meneladani manasik haji dan umrah Nabi Muhammad. Ketika diterimanya suatu ibadah selalu bergantung pada keikhlasan dan kesesuaian dengan ajaran Rasulullah, maka berusaha untuk mempelajari tata cara ibadah dengan maksimal sebelum beramal menjadi sebuah kewajiban. Nabi Muhammad memerintahkan,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ خُذُوا مَنَاسِكَكُمْ فَإِنِّى لاَ أَدْرِى لَعَلِّى لاَ أَحُجُّ بَعْدَ عَامِى هَذَا

“Wahai manusia, ambilah manasik kalian (dariku), karena sesungguhnya aku tidak mengetahui mungkin saja aku tidak berhaji setelah tahun ini.” (HR. Muslim dan lafazh ini dari riwayat an-Nasai).

Rasulullah bersabda,

خُذُوا عَنِّى مَنَاسِكَكُمْ فَإِنِّى لاَ أَدْرِى لَعَلِّى أَنْ لاَ أَحُجَّ بَعْدَ حَجَّتِى هَذِهِ

“Ambillah dariku manasik-manasik kalian, karena sesungguhnya aku tidak mengetahui, mungkin saja aku tidak berhaji setelah hajiku ini.” (HR. Muslim).

Sangat disayangkan manakala ibadah haji dan umrah yang dilaksanakan dengan biaya yang tidak murah dan dengan cucuran keringat apabila pemahaman seputar ibadah haji tidak sebagaimana mestinya.

Bahkan tidak jarang jama’ah haji didoktrin untuk melakukan ajaran-ajaran (amalan-amalan) haji yang mengikat dan tanpa dasar syari’at, menyusahkan, dan membebani.

Buku panduan ini dirangkum dengan merujuk kepada dalil-dalil yang mendasar, selain juga disusun dengan bahasa yang mudah, ringan, singkat, dan dilengkapi dengan gambar.

Semoga buku ini dapat memudahkan pemahaman manasik haji sesuai tuntunan Nabi Muhammad. Dan semoga Allah menjadikan kita haji yang mabrur, haji yang membuahkan Surga.

DALIL SEPUTAR HAJI

Firman Allah Ta’ala (artinya) “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) kurban yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu sebelum kurban sampai ke tempat penyembelihannya. Jika ada di antaramu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka wajiblah atasnya berfidyah, yaitu berpuasa, atau bersedekah, atau berkurban. Apabila kamu telah (merasa) aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan umrah sebelum haji (di dalam bulan Haji), (wajiblah dia menyembelih) kurban yang mudah didapat.

Tetapi jika dia tidak menemukan (binatang kurban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kamu telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna.

Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidil Haram (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekkah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketauhilah bahwa Allah sangat keras siksa-Nya.” (Surat al-Baqarah:196)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu:

“Telah berkhutbah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kami dan berkata: “Wahai sekalian manusia! Sesungguhnya Allah Ta’ala telah mewajibkan atas kalian untuk berhaji, maka berhajilah kalian.” (HR. Muslim)

Ditambahkan pada: 2 February 2021
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Toko Kami

Toko Online Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray, Lc hafizhahullah
https://toko.sofyanruray.info

Malaka Terrace no. 14 Cilangkap Jakarta Timur – DKI Jakarta, Indonesia
E-mail: sofyanruray@gmail.com

Live Chat
Online Senin-Jum’at (07.30 – 16.00) WIB                                                     Sabtu (07.30 – 11.30)  WIB

Chat via Whatsapp
Admin_Toko
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin_Toko
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja